Shore Front

Berita Dalam Negri dan Luar Negri

Perusahaan Jepang Dorong Karyawan Untuk Tidur Siang

Perusahaan Jepang Dorong Karyawan Untuk Tidur Siang

Perusahaan Jepang Dorong Karyawan Untuk Tidur Siang, Tidur adalah aktivitas yang sangat penting. Dengan tidur, tubuh bisa kembali bugar dan kesehatan tetap terjaga.

Mengabaikan tidur dengan alasan kesibukan sangat tidak disarankan. Mungkin sudah cukup sering adanya berita seseorang meninggal akibat kelelahan. Di Jepang, kasus yang sama juga terjadi beberapa kali. Terakhir, seorang karyawan bekerja lebih dari 159 jam dan akhirnya meninggal. Ini juga yang membuat perusahaan di Jepang dorong karyawannya untuk tidur siang.

Perusahaan Jepang Dorong Karyawan Untuk Mengurangi Smartphone, Akibatkan Waktu Tidur Semakin Sedikit

Tidur siang di tempat kerja umumnya dilarang, tetapi ada banyak perusahaan di Jepang yang menawarkan layanan dan produk baru yang memungkinkan karyawan mereka untuk bisa tidur cepat di siang hari, di tempat kerja untuk membantu mengelola kesehatan dan meningkatkan produktivitas para karyawannya.

Banyak perusahaan menciptakan area khusus untuk tidur siang singkat dan beberapa telah meluncurkan seminar in-house untuk menjelaskan pentingnya tidur bagi karyawan.

Langkah ini dilakukan di tengah penyebaran smartphone dan perangkat digital lainnya, yang telah menyebabkan orang tidur lebih sedikit dari sebelumnya.

“Hutang tidur,” terpilih sebagai salah satu kata kunci teratas Jepang tahun lalu.

Ungkapan ini menyoroti adanya kekhawatiran akibat kurang tidur secara kumulatif yang berbahaya bagi kesehatan.

Ungkapan ini direalisasikan banyak perusahaan dengan mendirikan kamar tidur di perusahaannya dikhususkan untuk karyawan.

Startup seperti perusahaan teknologi informasi adalah di antara mereka yang berada di garis depan merealisasikan kampanye ini. Nextbeat Co yang berbasis di Tokyo mendirikan dua kamar yang disebut “kamar tidur strategis,” satu untuk wanita dan satu untuk pekerja pria, pada musim gugur ini di kantornya. Mereka juga berencana akan menambahkan lebih banyak kamar tidur.

Penyedia layanan TI memasang perangkat yang dapat memblokir suara sekitarnya di kamar, yang berisi aroma sofa dan aroma. Karyawan dilarang menggunakan komputer pribadi atau ponsel pintar di sana.

Perusahaan Jepang Dorong Karyawan Melakukan Aktivitas yang Menyehatkan Tubuh

Praktek ini mencerminkan pemikiran anggota dewan perusahaan Emiko Sumikawa yang mengatakan bahwa tidur siang dapat memberikan efek menguntungkan dan efisiensi kerja.

Selanjutnya, karyawan hanya membutuhkan diet dan olahraga. Sebagai bagian dari langkah-langkah peningkatan diri,

Nextbeat juga meminta karyawannya berhenti bekerja pada jam 9 malam dan mereka dilarang bekerja lembur sampai larut malam.

Perusahaan juga mengakui tidur siang selama 30 menit sebagai bagian dari jam kerja reguler.

Insinyur Hideyuki Utsunomiya, 31 tahun, yang duduk lama di depan layar komputer, sering mendapati dirinya tertidur di meja ketika matanya lelah.

Menurutnya, efisiensi kerjanya meningkat sejak dirinya mulai menyegarkan diri di ruang tidur saat siang hari.

Pengembang properti Mitsubishi Estate Co., yang merelokasi kantor pusatnya di bulan Januari, mendirikan tiga kamar tidur masing-masing untuk pria dan wanita.

Mereka berkolaborasi dengan Neurospace, sebuah perusahaan yang memasok program tidur yang ditujukan untuk perusahaan.

Mitsubishi Estate juga melakukan tes terhadap karyawannya dan mendapati bahwa tidur siang meningkatkan fokus kerja dan membantu mempertahankan motivasi secara keseluruhan.

Bahkan, peraturan ketenagakerjaan sekarang menyatakan bahwa selain istirahat satu jam, pekerja juga berhak untuk tidur siang 30 menit.

Presiden Neurospace, Hideyuki Kobayashi menjelaskan bahwa kondisi untuk “tidur siang” efektif dilakukan.

Seorang pejabat sumber daya manusia di Mitsubishi Estate berkata jika awalnya para pekerja menahan diri dari menggunakan ruang tidur siang.

Tapi setelah manfaatnya dirasakan banyak pekerja lainnya, mereka pun sudah terbiasa menggunakannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *